Senin, 18 Maret 2013

Contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                   :     ..........................
Mata Pelajaran      :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Indonesia
Matematika
Tema                       :     Perekonomian masyarakat
Kelas                       :     IV dan V
Semester                 :     1 ( Satu ) dan 2 ( Dua )
Alokasi Waktu       :     2 Jam Pelajaran @ 25 menit
                                            

A.       Standar Kompetensi
·      Ilmu Pengetahuan Sosial         :
     2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.
·      Bahasa Indonesia                     : Berbicara,
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi sesuatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara.
·      Matematika                              : Bilangan
1.    Memahami dan menggunakan sifat – sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B.       Kompetensi Dasar
·         Ilmu Pengetahuan Sosial         :
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
·         Bahasa Indonesia                     :
2.2 Menceritakan hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar.
·         Matematika                              :
1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian


C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Mampu mendeskripsikan pasar
·      Membedakan jenis – jenis pasar berdasarkan kegunaannya, dan sifatnya.
·      Menyebutkan uang sebagai alat transaksi dan fungsinya
·      Menjelaskan tanda – tanda uang kertas
·      Membedakan dan menjelaskan jenis aktifitas ekonomi rakyat dsn kegiatannya serta fungsinya dalam kehidupan an kelangsungan hidup
·      Menulis laporan hasil pengamatan dengan runtut sesuai dengan bahasa yang baik dan benar
·      Melakukan operasi perkalian yang dilakukan pada transaksi jual beli di pasar
·      Melakukan operasi hitung pembagian dengan teknik pembagian tanpa sisa dan pembagian bersisa


D.    Tujuan Pembelajaran**

·      Siswa mampu mendeskripsikan pasar
·      Siswa dapat membedakan jenis – jenis pasar berdasarkan kegunaannya, dan sifatnya.
·      Siswa dapat menyebutkan uang sebagai alat transaksi dan fungsinya
·      Siswa mampu menjelaskan tanda – tanda uang kertas
·      Siswa dapat membedakan dan menjelaskan jenis aktifitas ekonomi rakyat dsn kegiatannya serta fungsinya dalam kehidupan an kelangsungan hidup
·      Siswa dapat melakukan pengamatan di suatu tempat
·      Siswa dapat menulis laporan hasil pengamatan dengan runtut sesuai dengan bahasa yang baik dan benar
·      Siswa dapat mengoperasikan operasi perkalian yang dilakukan pada transaksi jual beli di pasar
·      Siswa dapat melakukan operasi hitung pembagian dengan teknik pembagian tanpa sisa dan pembagian bersisa
Karakter siswa yang diharapkan :        
·      Ketelitian ( Carefulness )
Ketelitian siswa dapat di gali ketika siswa dapat membedakan anatara uang palsu dan uang asli yang beredar di masyarakat, teliti dalam melakukan transaksi jual beli di pasar dan juga dalam melakukan operasi hitung baik perkalian maupun pembagian.
·      Kerjasama
Kerjasama siswa dapat di gali ketika siswa melakukan tugas kelompok yang di berikan oleh guru.  Serta dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli yang di lakukan secara berkelompok.
·      Kecakapan
Kecakapan digali dimana siswa dapat berbicara dan menyampaikan hasil pengamatan kegiatan koperasi di sekolahnya.
·      Keberanian
Keberanian di perlihatkan siswa pada saat siswa melakukan operasi hitung di depan kelas.
·      Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
·      Percaya Diri
Ditumbuhkan dari siswa yang siap membacakan laporan hasil pengamatan yang ada di sekitarnya yang di bacakan di depan kelas.

E.     Materi Pokok Pembelajaran
·      Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
A.    Pasar
Pernahkah kalian pergi ke pasar? Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Untuk melakukan transaksi jual beli. Pasar menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Pasar terdiri atas beberapa jenis.
Description: E:\pasar apung.jpgDescription: E:\nbhfjhjhguh.jpgDescription: E:\nbhgyh.jpg
1. Berdasarkan keberadaan barangnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu
a. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar yang melakukan transaksi langsung. Pasar nyata barang berada langsung di penjual. Barang-barang tersebut dipajang supaya menarik. Hal ini bertujuan menarik minat pembeli. Agar pembeli mau membeli barang.
b. Pasar Tidak Nyata
Pasar tidak nyata hanya menunjukkan contoh barangnya. Barang diperlihatkan bila terjadi pembelian. Tawar menawar dapat dilakukan langsung maupun tidak langsung.
2. Berdasarkan sifat pasarnya, pasar dibedakan menjadi dua, yaitu
a. Pasar Tradisional
Pasar tradisional terjadi tanpa disengaja. Pada pasar ini, transaksi secara tradisional. Artinya, masih terjadi tawar menawar. Pasar tradisional bangunannya tidak rapi. Selain itu, bangunan tidak permanen.
b. Pasar Modern
Pasar modern atau pasar swalayan (supermarket). Saat ini, pasar modern jumlahnya semakin bertambah. Pasar swalayan semakin banyak ditemui. Pada pasar swalayan pembeli melayani sendiri. Selain itu, tidak terjadi tawar menawar. Pada pasar modern bangunannya permanen dan rapi.

B.     Uang
Kebutuhan hidup manusia setiap hari banyak sekali. Kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi sendiri. Tetapi memerlukan tindakan dan bantuan orang lain. Uang sebagai alat tukar yang sah.
Fungsi uang di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Sebagai alat penukar umum.
2. Sebagai satuan hitung.
3. Sebagai alat bayar.
4. Sebagai alat tabung.
e. Sebagai pembentuk modal.
Jenis uang dibedakan menjadi dua, yaitu uang kartal dan uang giral. Uang kartal berbentuk uang kertas dan uang logam. Adapun uang giral berbentuk surat berharga. Uang di negara kita dicetak oleh Bank Indonesia. Nilai nominal uang kertas di Indonesia yang tertinggi Rp100.000,00, Untuk uang logam nominal terbesar Rp1.000,00.
Tanda-tanda uang kertas, antara lain:
1. tertulis nilai uang dengan huruf,
2. terdapat nomor seri,
3. ada yang menggunakan benang/pita transparan,
4. terdapat angka tahun pembuatan,
5. ditandatangani oleh Dewan Gubernur,
6. terdapat tulisan Bank Indonesia,
7. ada gambar Garuda Pancasila,
8. terdapat gambar Pahlawan Nasional atau Tokoh Nasional, dan
9. tertulis angka nominal uang tersebut.
Uang dapat memperlancar kegiatan ekonomi. Selain itu, dengan uang kegiatan ekonomi
lebih mudah. 
 

C.     Bank
D.    Aktifitas Ekonomi rakyat
1.    Agraris
Agraris adalah kegiatan mengolah tanah. Kegiatan ini bertujuan menghasilkan barang. Kegiatan agraris banyak mempergunakan sumber daya alam. Adapun kegiatan agraris
adalah sebagai berikut.
a.       Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam. Bertujuan menghasilkan bahan pangan. Hasil yang diperoleh padi, jagung, kacang, kedelai, dan sebagainya.
b. Peternakan adalah pembudidayaan hewan ternak. Hewan ternak berupa sapi, kuda, kerbau, kambing, sejenis unggas (hasilnya daging dan telur).
c. Perkebunan merupakan bagian dari agraris. Tanaman yang ditanam digunakan untuk keperluan industri. Hasil perkebunan berupa teh, kopi, cengkih, dan sebagainya.
d. Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil hutan. Selain itu, kegiatan kehutanan
dapat berupa pelestarian. Hasil hutan berupa kayu, rotan, dan damar
e. Perikanan adalah kegiatan membudidayakan ikan. Hasil perikanan berupa bandeng, nila, lele, dan sebagainya.
2. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dan menjualnya kembali tanpa proses pengolahan
3.Industri
Industri adalah pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi. Sebagai contoh pabrik sepatu, pabrik semen, pabrik kertas, produk makanan kaleng, pabrik cat. Adakah industri di sekitar tempat tinggalmu? Apa hasil industri tersebut?
4. Jasa
Jasa adalah usaha yang tidak menghasilkan barang. Bentuknya berupa pelayanan. Pelayanan tersebut membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Pemakai jasa tidak menerima barang. Akan tetapi, pemakai merasakan hasil dari penyedia jasa tersebut. Misalnya, dokter memeriksa pasiennya atau tukang ojek yang siap mengantarkan kita.
·      Bahasa Indonesia
Menulis Laporan Pengamatan
1. Melakukan Pengamatan
Sebelum melakukan pengamatan, kamu harus menentukan sesuatu yang akan kamu amati. Sesuatu yang akan diamati disebut objek pengamatan. Sesudah menentukan objek, kamu harus menentukan perihal apa saja yang akan diamati dari objek tersebut. Selanjutnya, kamu dapat melakukan pengamatan. Bawalah perlengkapan yang diperlukan, misalnya, alat tulis dan kamera jika diperlukan.
2. Membuat Catatan
Pada saat melakukan pengamatan, cobalah mencatat peristiwa atau perihal yang telah kamu tentukan. Hal yang kamu amati itu, misalnya, kepadatan lalu lintas di jalan raya dekat sekolahmu. Untuk itu kamu harus mencatat orang dan kendaraan yang lewat.
Perhatikan contoh catatan pengamatan berikut ini!


Description: E:\nbhfjhjhguh.jpgDescription: E:\pasar apung.jpgDescription: E:\nbhgyh.jpg









Rounded Rectangle: Catatan Pengamatan Transaksi Jual Beli di Pasar
1. Tema : Transaksi jual beli barang
2. Tujuan : Mengetahui proses transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli
3. Pelaksanaan : 
Hari dan Tanggal : Senin, 1 Maret 2013
Waktu   : Pukul 07.00 – 10.00
Tempat  : Pasar Terapung di Kalimantan
4. Kegiatan : Mengamati transaksi jual beli dengan nominal uang yang dilakukan oleh pembeli
5. Hasil yang di capai : -     Pembeli padat pada pagi hari
- Transaksi jual beli barang dengan menggunakan nominal uang sesuai dengan harga barang
- Barang – barang yang paling laku dijual di pasar tersebut di lihat dari kegunaannya



   
 
 
































1.      Rounded Rectangle: Laporan Hasil Pengamatan Transaksi jual beli barang di Pasar Terapung
   
A. Pendahuluan
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang.
Atas berkah dan rahmat-Nya, kami sekelompok dapat melakukan pengamatan
Transaksi jual beli yang terdapat dalam pasar terapung ini. 
B. Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini kami lakukan pada hari senin pada pukul 07.00 – 10.00 pagi.  Di setiap penjual kami mengamati hasil jual beli.
Berdasarkan pengamatan kami laporkan sebagai berikut :
1. Barang yang paling laku dan di mininati pembeli sesuai dengan kebutuhannya
Barang – barang yang paling laku yang diminati umumnya yaitu bahan baku atau bahan pokok  guna untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam menjalani hidup.
Contohnya yaitu : Ayam, beras, rempah – rempah, sayur mayur dan bahan pokok lainnya.  Barang tersebut laku keras karena untuk menunjang kelangsungan hidup manusia.
2. Waktu yang paling rame dalam kegiatan jual beli barang
Waktu yang paling rame yang dapat kita lihat yakni pada pagi hari, karena pada saat itu manusia akan memenuhi kewajibannya untuk hidup yakni , makan dan hasil bahan pokonya di beli pada saat pagi hari.
3. Pembayaran menggunakan nominal uang
Kegiatan transaksi dilakukan dengan menggunakan nominal uang yang di sesuaikan dengan harga barang yang akan di beli oleh konsumen.
C. Kesimpulan dan saran
1. Pasar rame pada pagi hari
2. Transaksi menggunakan nominal uang
3. Baang yang paling laku yakni bahan – bahan poko sembako
D. Penutup
Demikian hasil laporan kami, semoga bermanfaat bagi siapapun.  Kritik dan saran sangat kami harapkan.  Atas tanggapan yang diberikan kami ucapkan terimakasih.
E. Disusun Oleh :
1. Siti Nurjanah
Contoh Laporan Hasil Pengamatan

































·      Matematika
1.      Melakukan Operasi Perkalian
Ema pergi ke pasar dengan membeli 4 karton susu indomilk. Setelah di buka satu dus ternyata berisi 35 susu sachet.  Berapa banyak mie instan isi dalam karton ema tersebut ?
Banyaknya susu dalam karton dapat kita cari dengan menggunakan perkalian bilangan 4 x 35.
1.      Dengan definisi perkalian sebagai penjumlahan yang berulang, maka bentuk perkalian tersebut kita tuliskan : 4 x 35 = 35 + 35 + 35 + 35 = 140
2.      Dengan perkalian langsung dapat kita tuliskan 4 x 35 = 35 x 4 ( sifat komutatif perkalian ). 35 x 4 = 140
3.      Dengan perkalian tersusun dapat kita tuliskan :







 









Dari ketiga cara tersebut di atas, kalian peroleh hasil yang sama.  Jadi, banyaknya susu yang di beli ema adalah 140 mie.
Harga satu satu sachet adalah Rp.1200 jadi Rp.1200 x 140 = Rp.168.000, 00
2.      Melakukan operasi pembagian
a. Bagaimana cara membagi bilangan 20 dengan 5? Mari kita kurangi secara berulang.
20 – 5 = 15
15 – 5 = 10
10 – 5 = 5
5 – 5 = 0
Berapa kali pengurangan dilakukan? Berapa hasil akhir pengurangan berulang tersebut? Dalam operasi pembagian dituliskan:
20 : 5 = 4
Pembagian tersebut dinamakan pembagian tanpa sisa.
b. Bandingkan dengan pembagian bilangan 20 oleh bilangan 6 berikut ini.
20 – 6 = 14
14 – 6 = 8
8 – 6 = 2
Berapa kali pengurangan dilakukan? Berapa hasil akhir pengurangan berulang tersebut? Dalam operasi pembagian dituliskan:
20 : 6 = 3 (sisa 2)
Pembagian tersebut dinamakan pembagian bersisa. Hasil pembagian bersisa kita tuliskan sebagai berikut.
20 : 6 = 3 (sisa 2) = 3 2 = 3 1
                                6       3
Bentuk tersebut dinamakan pecahan campuran.

F.     Alokasi Waktu
2 jam pelajaran ( 2 x 25 menit )

G.    Strategi Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran      : Kooperatif Learning
2.    Model                            : Tanya Jawab, diskusi kelas, ceramah dan penugasan

H.    Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan I )
1.    Kegiatan awal ( Pertemuan 1)
Apersepsi :
-       Mengucapkan salam
-       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran, dengan di pimpin oleh salah seorang siswa.
-       Mempersilahkan siswa duduk kembali dan mengucapkan terimakasih kepada siswa yang telah memimpin do’a.
-       Pengkondisian siswa agar siap mengikuti pembelajaran dengan cara mengatur tempat duduk.
-       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menerima materi, manulis, membaca maupun berbicara..
-       Mengabsen kehadiran siswa.
-       Menanyakan keadaan siswa.
motivasi  :
-       Mengajak siswa untuk melakukan brifing pagi sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu dengan, berdiri serentak dan bernyanyi bersama untuk membangkitkan semangat kembali, yakni dengan menyanyikan lagu wajib nasional.
-       Mengadakan apresepsi dengan menanyakan tentang materi yang akan di sampaikan di antaranya adalah sebagai berikut :
·           Apakah ada yang pernah peri ke pasar ?
·           Apakah ada yang sudah mengetahui perbedaan uang palsu dna uang asli dan fungsinya uang itu untuk apa ?
·           Apakah ada yang sudah  bisa melakukan operasi hitung dengan perkalian dan pembagian pada saat beli barang – barang dari pasar ?
-       Memperlihatkan kepada siswa berbagai jenis uang kertas, uang logam dan uang palsu.
-       Menunjukkan gambar transaksi jula beli yang dilakukan di pasar tradisional
-       Menunjukkan gmbar kegiatan pertanian, perdagangan dan perindustrian

2.    Kegiatan Inti ( 5 Menit )
&   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menanyakan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang pasar dan kegiatan perekonomian lainnya.
F Guru menerangkan tentang contoh kegiatan pengamatan atau kunjungan dan bagaimana membuatnya dalam sebuah laporan.
F Guru menerangkan cara melakukan operasi hitung dengan perkalian dan pembagian yang dilakukan di pasar tradisional.
F Guru menerangkan perbedaan uang logam dan uang kertas serta adanya uang palsu dan uang asli.
F Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
F Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam semua kegiatan pembelajaran


&   Elaborasi ( 30 menit )
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Setiap kelompok melakukan operasi hitung perkalian dengan barang – barang yang telah di sediakan oleh guru.
F Setiap kelompok di harapkan untuk mengerjakan soal operasi hitung perkalian dan pembagian dengan beberapa cara yang di berikan oleh guru di depan kelas.
F Setiap kelompok menjelaskan tentang kegaitan perekonomian yang ada di daerah sekitarnya.
F Setiap kelompok membacakan hasil dari laporan pengamatan yang ada di lingkungan sekitarnya dengan bahasa yang baik dan benar.
F Siswa di fasilitasi untuk mengerjakan LKS
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

&    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Akhir ( 5 menit )
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi kesimpulan dari hasil belajar
F Guru memberikan penilaian dengan memberikan tugas kepada siswa
F Guru memotivasi siswa yang kurang aktif untuk bertanya tentang materi yang belum di pahami
F Memberi motivasi siswa untuk belajar dirumah
F Sebagai penutup membaca do’a




I.       Media dan Sumber Belajar
·         Media ( Bahan dan Alat )
1.        Telur 1 Kg ( Sebagai bahan untuk transaksi jual beli )
2.        Susu 3 pak ( Sebagai bahan untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli )
3.        Mangga 1 Kg ( Sebagai bahan untuk melakukan transaksi jual bel )
4.        Uang kertas dan uang logam
5.        Uang palsu
·         Media Elektronik
1.        Menampilkan video pasar tradisional yang melibatkan transaksi jual beli
2.        Gambar – gambar kegiatan perekonomian yang ada di masyarakat seperti kegiatan pertanian, perdagangan dan perindustrian atau pabrik
3.        Video kegiatan di koperasi sekolah yang kan di buat laporan oleh peserta didik

·         Sumber   :
1.        Amalia, Shendy. ( 2008 ) Ilmu pegetahuan sosial 4: SD/MI kelas IV/. Jakarta:Penerbit Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
2.        H.Suyatno. ( 2008 ) Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia: Untuk SD/MI Kelas V/. Jakarta: Penerbit Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
3.        Astuti Ary. ( 2008 ) Ayo belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV Penerbit Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·         Lingkungan Sekitar yakni koperasi yang ada di lingkungan sekolah
                            

J.    Penilaian
Kompetensi Dasar
1.    Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
2.    Bahasa Indonesia
Menceritakan hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar.
3.    Matematika
Melakukan operasi perkalian dan pembagian

Indikator
1.    Ilmu Pengetahuan Sosial
Menyabutkan jenis – jenis aktifitas ekonomi yang ada di masyarakat
Membedakan uang logam dan uang kertas
2.    Bahasa Indonesia
Membacakan laporan hasi pengamatan yang ada di lingkungan sekitar dengan menggunkan bahasa yang baik dan benar
3.    Matematika
Malakukan operasi hitung pembagian dan perkalian dengan bebrapa cara.





















Lembar Kerja Siswa ( LKS )

Mata Pelajaran  : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
                             Bahasa Indonesia
                              Matematika
Kelas / Semester : IV / I, V / II
Judul                   : Perekonomian Masyarakat
Tujuan                : Setelah melakukan LKS, siswa dapat :
-      Menyebutkan jenis – jenis kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat
-      Menyebutkan jenis – jenis pasar dan sifat – sifatnya
-      Menjelaskan ciri – ciri uang
-      Menulis laporan sesuai dengan hasil pengamatan atau kunjungan
-      Dapat mengoperasikan perkalian dan pembagian dengan berbagai cara

Kerjakan soal di bawah ini bersama teman sekelompok !
Langkah – langkah yang harus dilakukan :
4.                                                                                 Kerjakan LKS yang telah dibagikan!
5.                                                                                 Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !

a.                                                                                                         Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
1.      Apa yang dimaksud dengan pasar ?
2.      Sebut jenis – jenis pasar berdasarkan sifat dan kegunaannya ?
3.      Jelaskan fungsi adanya uang ?
4.      Sebutkan jenis – jenis aktivitas rakyat yang ada di daerahmu ?
5.      Barang – barang apa saja yang dihasilkan dalam bertani ?

b.                                                                                                        Bahasa Indonesia
1.    Dalam menulis laporan pengamatan hal – hal apa saja yang harus dilakukan ?
2.    Di pasar apung jenis barang apa saja yang paling laku ?
3.    Pada saat kapan pasar apung rame di kunjungi pengunjung ?
4.    Hal – hal yang penting seperti apa yang akan di tulis dalam kerangka untuk menulis laporan hasil pengamatan ?

c.                                                                                                         Matematika
1.      Andi pergi kepasar dan membeli 5 carton susu UHT yang berisi @ 24 pcs, Berapa banyak susu UHT yang di beli andi ?
Kerjakan soal di atas dengan menggunakan cara perkalian susun dan penjumlahan yang berulang.
2.      35 : 5 = . . . .
3.      40 : 6 = . . . .
Kerjakan soal tersebut di atas dengan menggunakan cara pembagian dengan sisa?


Nama Kelompok :
1...........................
2...........................
3...........................
4..........................
5..........................
Kelas                    :........................................
















JAWABAN
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
1.      Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Untuk melakukan transaksi jual beli.
2.      Berdasarkan keberadaan barangnya : Pasar nyata dan pasar tidak nyata
Berdasarkan Sifat pasarnya : Pasar tradisional dan pasar modern
3.      Fungsi uang di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Sebagai alat penukar umum.
2. Sebagai satuan hitung.
3. Sebagai alat bayar.
4. Sebagai alat tabung.
e. Sebagai pembentuk modal.
4.      1. Perdagangan
2.         Pertanian
3.         Perindustrian
4.         Jasa
5. Jagung, Kacang, Kedelai, Padi
Bahasa Indonesia
1.      Berkunjung, membuat kerangka pengamatan, menulis atau mencatat hal – hal yang penting yang akan di amati
2.      Barang yang paling laku dan di mininati pembeli sesuai dengan kebutuhannya
Barang – barang yang paling laku yang diminati umumnya yaitu bahan baku atau bahan pokok  guna untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam menjalani hidup.
Contohnya yaitu : Ayam, beras, rempah – rempah, sayur mayur dan bahan pokok lainnya.  Barang tersebut laku keras karena untuk menunjang kelangsungan hidup manusia.
3.      Pada saat pagi hari karena awal mulainya masyarakat untuk melakukan aktivitas.
4.       
Kerangka menulis laporan hasil pengamatan atau kunjungan
1.      Tema      :
2.      Tujuan    :
3.      Pelaksanaan                   :
Hari dan Tanggal           :
Waktu                            :
Tempat               :
4.      Kegiatan            :
5.      Hasil yang di capai        :

Matematika
1.      5 Card @ 24 pcs
a.    Dengan cara penjumlahan berualang : 5 x 24 = 24 + 24 + 24 + 24 + 24 = 120
b.    Perkalian dengan cara susun :







 










2.      35 : 5 = 7
3.      40 : 6 =
a.       Dengan cara pembagian sisa :
40 : 6 = 6 ( sisa 6 ) = 6 6   = 6 1
                                           6          1











Format Kriteria Penilaian      
& Performane( hasil diskusi )

No

Nama siswa
Aspek yang dinilai

Keterangan
Keberanian
Sikap
Bahasa yang digunakan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10





            Keterangan : Untuk aspek yang telah di capai siswa diberi tanda cheklis

& Penugasan( hasil diskusi )
Melakukan perkalian dan pembagian dengan barang – barang yang sudah disediakan dan di ilustrasikan dalam kegiatan jual beli dipasar.


No

Nama siswa
Aspek yang dinilai

Keterangan
Kerjasama
Ketelitian
Keaktifan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10






& Penilaian Portofolio
No
Tanggal
Nama Siswa
Nama / Jenis Tugas
Keterangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10




  
*      FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Performane

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2
3
4
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Penugasan ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                               ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Sekolah                                            Guru Mapel


..................................                                            ..................................
NIP :                                                           NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar