RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..........................
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial
Bahasa Indonesia
Matematika
Tema : Perekonomian masyarakat
Kelas : IV dan V
Semester : 1 ( Satu ) dan 2 ( Dua )
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 25 menit
A. Standar Kompetensi
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial :
2. Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota
dan provinsi.
·
Bahasa
Indonesia : Berbicara,
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan
menanggapi sesuatu persoalan, menceritakan
hasil pengamatan, atau berwawancara.
· Matematika :
Bilangan
1. Memahami dan menggunakan sifat – sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial :
2.1 Mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
·
Bahasa
Indonesia :
2.2 Menceritakan
hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar.
·
Matematika :
1.3 Melakukan
operasi perkalian dan pembagian
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
· Mampu mendeskripsikan pasar
· Membedakan jenis – jenis pasar berdasarkan
kegunaannya, dan sifatnya.
· Menyebutkan uang sebagai alat transaksi
dan fungsinya
· Menjelaskan tanda – tanda uang kertas
· Membedakan dan menjelaskan jenis aktifitas
ekonomi rakyat dsn kegiatannya serta fungsinya dalam kehidupan an kelangsungan
hidup
· Menulis laporan hasil pengamatan dengan
runtut sesuai dengan bahasa yang baik dan benar
· Melakukan operasi perkalian yang dilakukan
pada transaksi jual beli di pasar
· Melakukan operasi hitung pembagian dengan
teknik pembagian tanpa sisa dan pembagian bersisa
D. Tujuan Pembelajaran**
· Siswa mampu mendeskripsikan pasar
· Siswa dapat membedakan jenis – jenis pasar
berdasarkan kegunaannya, dan sifatnya.
· Siswa dapat menyebutkan uang sebagai alat
transaksi dan fungsinya
· Siswa mampu menjelaskan tanda – tanda uang
kertas
· Siswa dapat membedakan dan menjelaskan
jenis aktifitas ekonomi rakyat dsn kegiatannya serta fungsinya dalam kehidupan
an kelangsungan hidup
· Siswa dapat melakukan pengamatan di suatu
tempat
· Siswa dapat menulis laporan hasil
pengamatan dengan runtut sesuai dengan bahasa yang baik dan benar
· Siswa dapat mengoperasikan operasi
perkalian yang dilakukan pada transaksi jual beli di pasar
· Siswa dapat melakukan operasi hitung
pembagian dengan teknik pembagian tanpa sisa dan pembagian bersisa
Karakter siswa yang diharapkan :
· Ketelitian ( Carefulness )
Ketelitian siswa
dapat di gali ketika siswa dapat membedakan anatara uang palsu dan uang asli
yang beredar di masyarakat, teliti dalam melakukan transaksi jual beli di pasar
dan juga dalam melakukan operasi hitung baik perkalian maupun pembagian.
· Kerjasama
Kerjasama siswa
dapat di gali ketika siswa melakukan tugas kelompok yang di berikan oleh
guru. Serta dalam melakukan kegiatan
transaksi jual beli yang di lakukan secara berkelompok.
· Kecakapan
Kecakapan digali
dimana siswa dapat berbicara dan menyampaikan hasil pengamatan kegiatan
koperasi di sekolahnya.
· Keberanian
Keberanian di
perlihatkan siswa pada saat siswa melakukan operasi hitung di depan kelas.
· Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan
yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu
yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
· Percaya Diri
Ditumbuhkan dari
siswa yang siap membacakan laporan hasil pengamatan yang ada di sekitarnya yang
di bacakan di depan kelas.
E. Materi Pokok Pembelajaran
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
A.
Pasar
Pernahkah kalian pergi ke pasar? Pasar
adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Untuk melakukan transaksi jual
beli. Pasar menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Pasar terdiri atas
beberapa jenis.
1. Berdasarkan keberadaan barangnya, pasar
dibedakan menjadi dua, yaitu
a. Pasar Nyata
Pasar nyata adalah pasar yang melakukan
transaksi langsung. Pasar nyata barang berada langsung di penjual.
Barang-barang tersebut dipajang supaya menarik. Hal ini bertujuan menarik minat
pembeli. Agar pembeli mau membeli barang.
b. Pasar Tidak Nyata
Pasar tidak nyata hanya menunjukkan contoh
barangnya. Barang diperlihatkan bila terjadi pembelian. Tawar menawar dapat
dilakukan langsung maupun tidak langsung.
2. Berdasarkan sifat pasarnya, pasar dibedakan
menjadi dua, yaitu
a. Pasar Tradisional
Pasar tradisional terjadi tanpa disengaja. Pada
pasar ini, transaksi secara tradisional. Artinya, masih terjadi tawar menawar.
Pasar tradisional bangunannya tidak rapi. Selain itu, bangunan tidak permanen.
b. Pasar Modern
Pasar modern atau pasar swalayan (supermarket).
Saat ini, pasar modern jumlahnya semakin bertambah. Pasar swalayan semakin
banyak ditemui. Pada pasar swalayan pembeli melayani sendiri. Selain itu, tidak
terjadi tawar menawar. Pada pasar modern bangunannya permanen dan rapi.
B. Uang
Kebutuhan hidup manusia setiap hari banyak sekali.
Kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi sendiri. Tetapi memerlukan tindakan dan
bantuan orang lain. Uang sebagai alat tukar yang sah.
Fungsi uang di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Sebagai alat penukar umum.
2. Sebagai satuan hitung.
3. Sebagai alat bayar.
4. Sebagai alat tabung.
e. Sebagai pembentuk modal.
Jenis uang dibedakan menjadi dua, yaitu uang
kartal dan uang giral. Uang kartal berbentuk uang kertas dan uang logam. Adapun
uang giral berbentuk surat berharga. Uang di negara kita dicetak oleh Bank
Indonesia. Nilai nominal uang kertas di Indonesia yang tertinggi Rp100.000,00,
Untuk uang logam nominal terbesar Rp1.000,00.
Tanda-tanda uang kertas, antara lain:
1. tertulis nilai uang dengan huruf,
2. terdapat nomor seri,
3. ada yang menggunakan benang/pita transparan,
4. terdapat angka tahun pembuatan,
5. ditandatangani oleh Dewan Gubernur,
6. terdapat tulisan Bank Indonesia,
7. ada gambar Garuda Pancasila,
8. terdapat gambar Pahlawan Nasional atau Tokoh
Nasional, dan
9. tertulis angka nominal uang tersebut.
Uang dapat memperlancar kegiatan ekonomi. Selain
itu, dengan uang kegiatan ekonomi
lebih mudah.
C. Bank
D. Aktifitas Ekonomi rakyat
1. Agraris
Agraris adalah kegiatan mengolah tanah.
Kegiatan ini bertujuan menghasilkan barang. Kegiatan agraris banyak
mempergunakan sumber daya alam. Adapun kegiatan agraris
adalah sebagai berikut.
a. Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam.
Bertujuan menghasilkan bahan pangan. Hasil yang diperoleh padi, jagung, kacang,
kedelai, dan sebagainya.
b. Peternakan adalah pembudidayaan hewan ternak.
Hewan ternak berupa sapi, kuda, kerbau, kambing, sejenis unggas (hasilnya
daging dan telur).
c. Perkebunan merupakan bagian dari agraris.
Tanaman yang ditanam digunakan untuk keperluan industri. Hasil perkebunan
berupa teh, kopi, cengkih, dan sebagainya.
d. Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil
hutan. Selain itu, kegiatan kehutanan
dapat berupa pelestarian. Hasil hutan berupa kayu,
rotan, dan damar
e. Perikanan adalah kegiatan membudidayakan ikan.
Hasil perikanan berupa bandeng, nila, lele, dan sebagainya.
2. Perdagangan
Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dan
menjualnya kembali tanpa proses pengolahan
3.Industri
Industri adalah pengolahan bahan mentah menjadi
barang jadi. Sebagai contoh pabrik sepatu, pabrik semen, pabrik kertas, produk
makanan kaleng, pabrik cat. Adakah industri di sekitar tempat tinggalmu? Apa
hasil industri tersebut?
4. Jasa
Jasa adalah usaha yang tidak menghasilkan barang.
Bentuknya berupa pelayanan. Pelayanan tersebut membutuhkan keahlian dan
keterampilan khusus. Pemakai jasa tidak menerima barang. Akan tetapi, pemakai
merasakan hasil dari penyedia jasa tersebut. Misalnya, dokter memeriksa
pasiennya atau tukang ojek yang siap mengantarkan kita.
·
Bahasa
Indonesia
Menulis Laporan Pengamatan
1. Melakukan Pengamatan
Sebelum melakukan pengamatan, kamu harus
menentukan sesuatu yang akan kamu amati. Sesuatu yang akan diamati disebut
objek pengamatan. Sesudah menentukan objek, kamu harus menentukan perihal apa
saja yang akan diamati dari objek tersebut. Selanjutnya, kamu dapat melakukan
pengamatan. Bawalah perlengkapan yang diperlukan, misalnya, alat tulis dan
kamera jika diperlukan.
2. Membuat Catatan
Pada saat melakukan pengamatan, cobalah
mencatat peristiwa atau perihal yang telah kamu tentukan. Hal yang kamu amati
itu, misalnya, kepadatan lalu lintas di jalan raya dekat sekolahmu. Untuk itu
kamu harus mencatat orang dan kendaraan yang lewat.
Perhatikan contoh catatan pengamatan berikut
ini!
1. Contoh Laporan Hasil Pengamatan
·
Matematika
1. Melakukan Operasi Perkalian
Ema pergi ke pasar dengan membeli 4 karton
susu indomilk. Setelah di buka satu dus ternyata berisi 35 susu sachet. Berapa banyak mie instan isi dalam karton ema
tersebut ?
Banyaknya susu dalam karton dapat kita cari dengan
menggunakan perkalian bilangan 4 x 35.
1.
Dengan
definisi perkalian sebagai penjumlahan yang berulang, maka bentuk perkalian
tersebut kita tuliskan : 4 x 35 = 35 + 35 + 35 + 35 = 140
2.
Dengan
perkalian langsung dapat kita tuliskan 4 x 35 = 35 x 4 ( sifat komutatif perkalian ). 35 x 4 = 140
3. Dengan perkalian tersusun dapat kita
tuliskan :
Dari ketiga cara tersebut di atas, kalian peroleh
hasil yang sama. Jadi, banyaknya susu
yang di beli ema adalah 140 mie.
Harga satu satu sachet adalah Rp.1200 jadi Rp.1200 x
140 = Rp.168.000, 00
2.
Melakukan operasi pembagian
a. Bagaimana cara membagi bilangan
20 dengan 5? Mari kita kurangi secara berulang.
20 – 5 = 15
15 – 5 = 10
10 – 5 = 5
5 – 5 = 0
Berapa kali pengurangan
dilakukan? Berapa hasil akhir pengurangan berulang tersebut? Dalam operasi
pembagian dituliskan:
20 : 5 = 4
Pembagian tersebut dinamakan pembagian
tanpa sisa.
b. Bandingkan dengan pembagian
bilangan 20 oleh bilangan 6 berikut ini.
20 – 6 = 14
14 – 6 = 8
8 – 6 = 2
Berapa kali pengurangan
dilakukan? Berapa hasil akhir pengurangan berulang tersebut? Dalam operasi pembagian
dituliskan:
20 : 6 = 3 (sisa 2)
Pembagian tersebut dinamakan pembagian
bersisa. Hasil pembagian bersisa kita tuliskan sebagai berikut.
20 : 6 = 3 (sisa 2) = 3 2 = 3 1
6 3
Bentuk tersebut dinamakan pecahan
campuran.
F. Alokasi Waktu
2 jam pelajaran
( 2 x 25 menit )
G. Strategi Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran :
Kooperatif Learning
2.
Model :
Tanya Jawab, diskusi kelas, ceramah dan penugasan
H. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran ( Pertemuan I )
1. Kegiatan awal ( Pertemuan 1)
Apersepsi
:
- Mengucapkan salam
- Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk
mengawali pelajaran, dengan di
pimpin oleh salah seorang siswa.
- Mempersilahkan siswa duduk kembali dan
mengucapkan terimakasih kepada siswa yang telah memimpin do’a.
- Pengkondisian siswa agar siap mengikuti
pembelajaran dengan cara mengatur tempat duduk.
- Memperingatkan cara duduk yang baik ketika
menerima materi, manulis, membaca maupun berbicara..
- Mengabsen kehadiran siswa.
- Menanyakan keadaan siswa.
motivasi :
- Mengajak siswa untuk melakukan brifing
pagi sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu dengan, berdiri serentak
dan bernyanyi bersama untuk membangkitkan semangat kembali, yakni dengan
menyanyikan lagu wajib nasional.
- Mengadakan apresepsi dengan menanyakan
tentang materi yang akan di sampaikan di antaranya adalah sebagai berikut :
·
Apakah
ada yang pernah peri ke pasar ?
·
Apakah
ada yang sudah mengetahui perbedaan uang palsu dna uang asli dan fungsinya uang
itu untuk apa ?
·
Apakah
ada yang sudah bisa melakukan operasi
hitung dengan perkalian dan pembagian pada saat beli barang – barang dari pasar
?
- Memperlihatkan kepada siswa berbagai jenis
uang kertas, uang logam dan uang palsu.
- Menunjukkan gambar transaksi jula beli
yang dilakukan di pasar tradisional
- Menunjukkan gmbar kegiatan pertanian,
perdagangan dan perindustrian
2. Kegiatan Inti ( 5 Menit )
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Guru menanyakan kepada siswa apa yang
mereka ketahui tentang pasar dan kegiatan perekonomian lainnya.
F Guru menerangkan tentang contoh kegiatan
pengamatan atau kunjungan dan bagaimana membuatnya dalam sebuah laporan.
F Guru menerangkan cara melakukan operasi
hitung dengan perkalian dan pembagian yang dilakukan di pasar tradisional.
F Guru menerangkan perbedaan uang logam dan
uang kertas serta adanya uang palsu dan uang asli.
F Guru membagi siswa ke dalam beberapa
kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
F Guru melibatkan peserta didik secara aktif
dalam semua kegiatan pembelajaran
& Elaborasi ( 30 menit )
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Setiap kelompok melakukan operasi hitung
perkalian dengan barang – barang yang telah di sediakan oleh guru.
F Setiap kelompok di harapkan untuk
mengerjakan soal operasi hitung perkalian dan pembagian dengan beberapa cara
yang di berikan oleh guru di depan kelas.
F Setiap kelompok menjelaskan tentang
kegaitan perekonomian yang ada di daerah sekitarnya.
F Setiap kelompok membacakan hasil dari
laporan pengamatan yang ada di lingkungan sekitarnya dengan bahasa yang baik
dan benar.
F Siswa di fasilitasi untuk mengerjakan LKS
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Akhir ( 5 menit )
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi kesimpulan dari hasil belajar
F Guru memberikan penilaian dengan
memberikan tugas kepada siswa
F Guru memotivasi siswa yang kurang aktif
untuk bertanya tentang materi yang belum di pahami
F Memberi motivasi siswa untuk belajar
dirumah
F Sebagai penutup membaca do’a
I. Media dan Sumber Belajar
·
Media
( Bahan dan Alat )
1.
Telur 1 Kg ( Sebagai bahan untuk transaksi jual beli
)
2.
Susu 3 pak ( Sebagai bahan untuk melakukan kegiatan
transaksi jual beli )
3.
Mangga 1 Kg ( Sebagai bahan untuk melakukan
transaksi jual bel )
4.
Uang kertas dan uang logam
5.
Uang palsu
·
Media
Elektronik
1.
Menampilkan video pasar tradisional yang melibatkan
transaksi jual beli
2.
Gambar – gambar kegiatan perekonomian yang ada di
masyarakat seperti kegiatan pertanian, perdagangan dan perindustrian atau
pabrik
3.
Video kegiatan di koperasi sekolah yang kan di buat
laporan oleh peserta didik
·
Sumber :
1.
Amalia,
Shendy. ( 2008 ) Ilmu pegetahuan sosial
4: SD/MI kelas IV/. Jakarta:Penerbit Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional
2.
H.Suyatno.
( 2008 ) Indahnya Bahasa dan Sastra
Indonesia: Untuk SD/MI Kelas V/. Jakarta: Penerbit Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional
3.
Astuti
Ary. ( 2008 ) Ayo
belajar matematika 4 : untuk SD dan MI kelas IV Penerbit Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
·
Lingkungan Sekitar yakni
koperasi yang ada di lingkungan sekolah
J.
Penilaian
Kompetensi Dasar
1. Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerahnya
2. Bahasa Indonesia
Menceritakan
hasil pengamatan / kunjungan dengan bahasa runtut, baik dan benar.
3. Matematika
Melakukan operasi
perkalian dan pembagian
Indikator
1. Ilmu Pengetahuan Sosial
Menyabutkan jenis –
jenis aktifitas ekonomi yang ada di masyarakat
Membedakan uang
logam dan uang kertas
2. Bahasa Indonesia
Membacakan laporan
hasi pengamatan yang ada di lingkungan sekitar dengan menggunkan bahasa yang
baik dan benar
3. Matematika
Malakukan operasi
hitung pembagian dan perkalian dengan bebrapa cara.
Lembar Kerja Siswa ( LKS )
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Bahasa Indonesia
Matematika
Kelas / Semester : IV / I, V /
II
Judul :
Perekonomian Masyarakat
Tujuan :
Setelah melakukan LKS,
siswa dapat :
-
Menyebutkan
jenis – jenis kegiatan ekonomi yang ada di masyarakat
-
Menyebutkan
jenis – jenis pasar dan sifat – sifatnya
-
Menjelaskan
ciri – ciri uang
-
Menulis
laporan sesuai dengan hasil pengamatan atau kunjungan
-
Dapat
mengoperasikan perkalian dan pembagian dengan berbagai cara
Kerjakan soal di bawah ini bersama teman
sekelompok !
Langkah –
langkah yang harus dilakukan :
4.
Kerjakan
LKS yang telah dibagikan!
5.
Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar !
a.
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
1. Apa yang dimaksud dengan pasar ?
2. Sebut jenis – jenis pasar berdasarkan
sifat dan kegunaannya ?
3. Jelaskan fungsi adanya uang ?
4. Sebutkan jenis – jenis aktivitas rakyat
yang ada di daerahmu ?
5. Barang – barang apa saja yang dihasilkan
dalam bertani ?
b.
Bahasa Indonesia
1. Dalam menulis laporan pengamatan hal – hal
apa saja yang harus dilakukan ?
2. Di pasar apung jenis barang apa saja yang
paling laku ?
3. Pada saat kapan pasar apung rame di
kunjungi pengunjung ?
4. Hal – hal yang penting seperti apa yang
akan di tulis dalam kerangka untuk menulis laporan hasil pengamatan ?
c.
Matematika
1. Andi pergi kepasar dan membeli 5 carton susu
UHT yang berisi @ 24 pcs, Berapa banyak susu UHT yang di beli andi ?
Kerjakan soal di
atas dengan menggunakan cara perkalian susun dan penjumlahan yang berulang.
2. 35 : 5 = . . . .
3. 40 : 6 = . . . .
Kerjakan soal
tersebut di atas dengan menggunakan cara pembagian dengan sisa?
Nama
Kelompok :
1...........................
2...........................
3...........................
4..........................
5..........................
Kelas :........................................
JAWABAN
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
1. Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan
pembeli. Untuk melakukan transaksi jual beli.
2. Berdasarkan keberadaan barangnya : Pasar
nyata dan pasar tidak nyata
Berdasarkan
Sifat pasarnya : Pasar tradisional dan pasar modern
3. Fungsi uang di antaranya adalah sebagai
berikut.
1. Sebagai alat penukar umum.
2. Sebagai satuan hitung.
3. Sebagai alat bayar.
4. Sebagai alat tabung.
e. Sebagai pembentuk modal.
4. 1. Perdagangan
2.
Pertanian
3.
Perindustrian
4.
Jasa
5. Jagung, Kacang, Kedelai, Padi
Bahasa Indonesia
1. Berkunjung, membuat kerangka pengamatan,
menulis atau mencatat hal – hal yang penting yang akan di amati
2. Barang yang paling laku dan di mininati
pembeli sesuai dengan kebutuhannya
Barang – barang yang paling laku yang diminati
umumnya yaitu bahan baku atau bahan pokok
guna untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari dalam menjalani hidup.
Contohnya yaitu : Ayam, beras, rempah – rempah,
sayur mayur dan bahan pokok lainnya.
Barang tersebut laku keras karena untuk menunjang kelangsungan hidup
manusia.
3. Pada saat pagi hari karena awal mulainya
masyarakat untuk melakukan aktivitas.
4.
Kerangka menulis laporan hasil pengamatan atau kunjungan
1. Tema :
2. Tujuan :
3. Pelaksanaan :
Hari dan Tanggal :
Waktu :
Tempat :
4. Kegiatan :
5. Hasil yang di capai :
Matematika
1. 5 Card @ 24 pcs
a.
Dengan
cara penjumlahan berualang : 5 x 24 = 24 + 24 + 24 + 24 + 24 = 120
b. Perkalian dengan cara susun :
2. 35 : 5 = 7
3. 40 : 6 =
a. Dengan cara pembagian sisa :
40 : 6 = 6 ( sisa 6 ) = 6 6 = 6 1
6 1
Format Kriteria Penilaian
&
Performane(
hasil diskusi )
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Keterangan
|
||
Keberanian
|
Sikap
|
Bahasa yang digunakan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Keterangan : Untuk aspek yang telah
di capai siswa diberi tanda cheklis
&
Penugasan(
hasil diskusi )
Melakukan perkalian dan
pembagian dengan barang – barang yang sudah disediakan dan di ilustrasikan
dalam kegiatan jual beli dipasar.
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Keterangan
|
||
Kerjasama
|
Ketelitian
|
Keaktifan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
&
Penilaian Portofolio
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Nama / Jenis Tugas
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Performane
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2
3
4
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Penugasan ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar