TUGAS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
ALIRAN ALIRAN FILSIFAT DAN
IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
Aliran
– Aliran Filsafat
|
Teori
|
Implikasinya
|
1.
Behafioristik
|
1.1.Tentang
perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
1.2.Terbentuknya
perilaku yang tampak sebagai hasil belajar.
|
1.1.1. Pembelajaran
tergantung dari beberapa hal seperti tujuan pembelajaran, sifat materi
pelajaran, karakteristik siswa, media dan fasilitas pembelajaran yang
tersedia.
|
2.
Kognitif
|
2.1.Perkembangan
dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan
2.2.Perubahan
persepsi dan pemahaman
2.3.Belajar
dengan memahami akan jauh lebih baik dari pada dengan hanya menghafal tanpa
pengertian penyajian
|
1.1.2. Memusatkan
perhatian kepada cara berpikir atau proses mental anak
1.1.3. Mengutamakan
peran siswa dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan
belajar
1.1.4. Memaklumi
akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan per- kembangan
1.1.5. Mengutamakan
peran siswa untuk saling berinteraksi
|
3.
Konstruktivisme
|
3.1.Salah
satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan adalah bentukan
(konstruksi) kita sendiri
3.2.Menekankan
perkembangan konsep dan pengertian yang mendalam
|
1.1.6. Setiap
guru akan pernah mengalami bahwa suatu materi telah dibahas dengan
jelas-jelasnya namun masih ada sebagian siswa yang belum mengerti ataupun
tidak mengerti materi yang diajarkan sama sekali
1.1.7. Tugas
setiap guru dalam memfasilitasi siswanya, sehingga pengetahuan materi yang
dibangun atau dikonstruksi para siswa sendirisan bukan ditanamkan oleh guru
1.1.8. Untuk
mengajar dengan baik, guru harus memahami model-model mental yang digunakan
para siswa untuk mengenal dunia mereka dan penalaran yang dikembangkandan
yang dibuat para sisiwa untuk mendukung model-model itu
1.1.9. Siswa
perlu mengkonstruksi pemahaman yang mereka sendiri untuk masing-masing konsep
materi sehingga guru dalam mengajar bukannya “menguliahi”, menerangkan atau
upaya-upaya sejenis untuk memindahkan pengetahuan pada siswa tetapi
menciptakan situasi bagi siswa yang membantu perkembangan mereka membuat
konstruksi-konstruksi mental yang diperlukan
1.1.10. Kurikulum
dirancang sedemikian rupa sehingga terjadisituasi yang memungkinkan
pengetahuan dan keterampilan dapat dikonstruksi oleh peserta didik
1.1.11. Latihan
memecahkan masalah seringkali dilakukan melalui belajar kelompok dengan
menganalisis masalah dalam kehidupan sehari-hari
1.1.12. Peserta
didik diharapkan selalu aktif dan dapat menemukan cara belajar yang sesuai
dengan dirinya
|
4.
Humanistik
|
4.1.Pendekatan
yang berfokus pada potensi manusia untuk mencari dan menemukan kemampuan yang
mereka punya dan mengembangkan kemampuan
|
1.1.13. Perlakuan
terhadap individu didasarkan akan kebutuhan individual dan kepribadian
peserta didik
1.1.14. Motivasi
belajar berasal dari dalam diri (intrinsik) karena adanya keinginan untuk
mengetahui
1.1.15. Metode
belajar menggunakan metode pendekatan terpadu dengan menekankan kepada
ilmu-ilmu sosial
1.1.16. Tujuan
kurikuler mengutamakan pada perkembangandari segi sosial, keterampilan
berkomunikasi, dan kemampuan untuk peka terhadap kebutuhan individu dan orang
lain
1.1.17. Bentuk
pengelolaan kelas berpusat pada peserta didik yang mempunyai kebebasan
memilih dan guru hanya berperan untuk membantu
1.1.18. Untuk
mengefektifkan mengajar maka pengajaran disusun dalam bentuk topik-topik
terpadu berdasarkan pada kebutuhan peserta didik
1.1.19. Partisipasi
peserta didik sangat dominan
1.1.20. Kegiatan
belajar peserta didik mengutamakan belajar melalui pemahaman dan pengertian
bukan hanya untuk memperoleh pengetahuan
|
Casino, Hotel & RV Park - Mapyro
BalasHapusCasino, Hotel 구리 출장마사지 & RV Park is in Highland, Illinois and offers 파주 출장안마 3 outdoor pools, 충주 출장샵 2 outdoor pools, and 1 outdoor 여주 출장마사지 swimming pool. Free WiFi 포천 출장안마 and free parking. Rating: 4.4 · 3,632 reviews